Senin, 05 November 2012

Changi Airport Terminal



Pukul 10:30 waktu Singapura aku tiba di bandar udara Changi Singapura. Mungkin ini potret ternekat yang pernah saya lakukan, sebab Changi adalah bandara yang pengamanannya super ketat. Sangat tidak mungkin kalau melakukan pemotretan dengan DSLR, karena hal ini akan memancing perhatian security. Yang paling aman adalah memakai poket atau kamera HP, sebab salah sedikit saja kita akan ketahuan sama petugas bandara dan akan diberi sanksi atau dideportasi kembali ke tanah air. Kecuali memang kalau niat karena bokek gak punya uang, dan memilih kembali ke tanah air dengan gratis.. hehehe

Changi International Terminal Airport terltak di ujung timur pulau Singapura dan merupakan salah satu fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan dunia. Bandara ini dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS). Bandara Changi juga merupakan pangkalan Singapore Airlines, SilkAir, Valuair, dan Tiger Airways.

Bandara Internasional Changi Singapura memenangkan penghargaan Airport of the Year 2006 oleh Skytrax dan berhasil mengalahkan saingan ketatnya, Bandara Internasional Hong Kong, yang memenangkan penghargaan sebanyak 5 kali berturut-turut, dari tahun 2001-2005, dimana saat itu Changi hanya berhasil menjadi runner-up.

Bandara udaranya yang sangat canggih dengan arsitektur Hi-tech yang lebih ramah lingkungan dan minim maintenance dan efektifnya pelayanan nampaknya menjadikan Bandara udara ini terasa nyaman dan aman bagi pengunjung. Petunjuk dalam bandarapun sangat jelas sehingga meminimkan orang luar tersesat.

Banyak fasilitas yang menyamankan pengunjung mulai dari kursi yang bisa memijat, access internet kecepatan tinggi dan informasi yang sangat familier bagi pengunjung.

Terminal 3 Changi International Airport
Tidak lupa sebelum ke Bugis aku dan Al Hadi Hamrah singgah sebentar di terminal 3 Changi International Airport. Terminal 3 merupakan ini merupakan terminal terbaru yang mulai beroperasi pada tanggal 9 Januari 2008, dengan desain lebih modern daripada kedua terminal sebelumnya dan memiliki beberapa fasilitas seperti Hard Rock Cafe, Butik BVLGARI, Gucci, Hermes, pusat makanan, Crowne Hotel, taman kupu-kupu dan bioskop mini. Beberapa maskapai berada di Terminal 3 ini, di antaranya: Singapore Airlines, China Eastern Airlines, Jet Airways, Qatar Airways dan United Airlines.Garuda Indonesia mulai 22 Februari 2011 memindahkan operasionalnya ke terminal ini, dari Terminal 1.

Budget Terminal
Terminal maskapai murah, atau yang lebih dikenal sebagai Budget Terminal, terletak terpisah dengan kedua terminal yang ada. Terminal ini dipakai mulai dari bulan Maret 2006. Penumpang harus menggunakan tangga dan berjalan di atas tarmac. Hal ini berbeda dengan kedua terminal yang lain, di mana penumpang dapat menggunakan jembatan udara atau airbridge. Para penumpang yang akan transfer ke penerbangan lainnya juga harus melalui proses imigrasi.
Terminal ini dipakai oleh:
Tiger Airways
Cebu Pacific Air

























(Sumber infomasi : observasi dan Wilkipedia. All foto oleh Zen Shinoda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar