Senin, 05 November 2012

Little India

Litlte India merupakan pusat komunitas India di Singapura. Dahulu tempat ini adalah rawa dan padang rumput untuk ternak. Dan sekarang berkembang menjadi kota kecil di Singapura yang lebih tertata dan berbudaya. Perjalanan ke Little India dari Bugis dengan berjalan kaki, memang lebih nyaman berjalan kaki untuk mengeksplor kawasan ini. Karena kita bisa dengan detail mengabadikan dan memotret sudut-sudut kota budaya di Little India ini.

Bila kita berjalan dari Bugis, kita akan menyusuri jalan Syeh Alwi Road. Diujung jalan Syeh Alwi Road terdapat Mustafa Centre, sebuah pusat perbelanjaan 24 jam di Little India. Saya pikir semua orang akan mengenal Mustafa Centre karena memang sudah sangat terkenal.

Diujung pertigaan jalan Syed Alwi Road, menyambung Serangon Road. Bila kita menyusuri Serangon Road kita akan menemukan tempat ibadah Aquila Mosque sebuah masjid dan Sri Veeramakalliamman Temple yaitu kuil tempat memuja orang Hindu di Singapura. Didalam kuil terdapat banyak altar pemujaan dan pendeta-pendeta Hindu yang melayani ibadah umat Hindu Singapura. Beberapa kali saya memotret moment sembahyang mereka dan detail arsitektur kuil yang seolah-olah berada di India.

Selepas dari kuil pemujaan Sri Veeramakalliamman Temple, saya menyusuri jalan yang nama-namanya sangat unik. Ada Kerbau Road dan Buffalo Road, sebuah nama jalan yang sebenarnya artinya sama. Berdasarkan informasi dari Al Hadi Hamrah, Kerbau Road dan Buffalo Road dahulunya merupakan tempat menggembala kerbau di padang rumput dan persawahan di Little India ini. Sehingga nama jalanan menggunakan nama Kerbau.

Masih di Serangoon Road di Little India juga terdapat pusat perbelanjaan selain Mustafa Centre yaitu The Verge. Belum sempat mampir ke situ karena memang tujuan kita mengeksplor kawasan bukan belanja, karena memang pada dasarnya bokek gak punya uang hehehe..


















(Photo by Zen Shinoda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar