Senin, 26 November 2012

Dunia Fotografi


Dunia fotografi benar-benar membuat saya lebih banyak melihat dari sudut yang berbeda. Bukan hanya sudut bidik subject untuk di foto saja, lebih dari itu, kita menghargai sudut kehidupan yang tidak dilihat oleh masyarakat umum. Orang awam sering menilai aneh  melihat seorang fotografer, ketika  mencari subject buruannya. Kadang mereka berada di sampah, di pasar, dipinggir sungai, di tempat yang kumuh di jalan dan dimana saja yang mungkin dalam keseharian masyarakat tidaklah begitu penting dan cantik untuk di potret, tapi begitulah dunia fotografi.

Pada umumnya masyarakat menilai hobby fotografi merupakan hobby yang sangat mahal, karena harus memiliki kamera canggih dengan harga mahal. Padahal dunia fotografi tidak harus memiliki gear yang canggih. Bagi yang mempunyai permasalahan dengan dana anggaran, untuk sekarang ini banyak kamera canggih dijual dengan harga sangat terjangkau, bahkan beberapa toko menawarkan program cicilan. Jadi yang paling penting itu adalah sebuah karya fotografi, bukan gearnya. Gear hanya merupakan alat, sedangkan karya dan konsep berada di kepala, yang kita bebas untuk berkretifitas.

Hal yang membuat saya lebih memahami foto sebenarnya setelah saya bergabung dengan RKF (Rumah Kayu Fotografi-Bandung), sebuah komunitas yang berisi orang-orang yang luar biasa dalam karya tapi bersahaja dalam sikap. Bukan hanya itu saja, seperti bak ilmu padi yang makin berisi makin merunduk. Komuitas yang berasal dari kota Bandung ini ternyata beranggotakan bukan hanya di Indonesia saja. Yang tinggal diluar negeri juga merasakan keakraban, kehangatan dalam kekeluargaan yang bersahaja.

Komunitas ini juga bukan ajang memamerkan gear, justru sebaliknya mereka memaksimalkan hasil karya cipta meski memakai kamera poket yang sederhana. Di samping itu juga ide kreatif pada saat eksekusi memotret dan mengasah instink dengan selalu mencoba dan mencoba diajarkan kepada membernya. Dengan konsep belajar tanpa menggurui atau pamer alat, komunitas ini diterima disemua kalangan. Pelajaran yang paling baik adalah seringnya mencoba dan mengeksplorasi konsep kreativitas. Sehingga dengan banyak mencoba akan menemukan sesuatu yang baru dan menemukan karakter dan konsep foto kita.  (Zen Shinoda)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar